Tags

, , , ,

Salam shredders…

Dasar suara tunggal yang anda dengar di sebut dengan NADA lalu setiap nada di visualisasikan dalam bentuk huruf A, B, C, D, E, F, G sesuai dengan tingkatan frekuensi yang dihasilkannya. Hingga akhirnya Tangga-Nada (Scale) di ciptakan dari variasi susunan / pola-pola tinggkatan nada. Beberapa nada yang di bunyikan secara bersama di sebut chord, kemudian chord bersama-sama membentuk suatu irama yang akhirnya akan bermuara menjadi lagu atau musik.  (wedew…. Pusing juga ngejelasin dalam bentuk tulisan nih…)

Terdapat 12 nada dasar yang dapat anda ketahui dan pelajari. Salah satu contohnya anda dapat mem-praktekan secara langsung pada alat musik gitar dengan memeetik senar 6 fret pertama (Nada F) lalu maju ke fret ke-2,3,4 seterusnya hingga ke 12, maka anda akan mendengarkan tingkatan frekuensi nada yang berbeda. Ketika anda lanjutkan untuk memetaik fret ke 13 (Nada F) maka anda akan mendengarkan kembali bunyi nada yang sama dengan fret pertama tetapi memiliki frekuensi yang lebih tinggi, inilah yang di sebut OKTAF.

Dari ke 12 nada tadi dapat di uraikan menjadi Pola-pola tingkatan nada yang di sebut sebagai TANGGA NADA / SKALA (SCALES) yang menghubungkan masing-masing not secara individu yang sehingga membentuk melodi dan harmoni. Menggunakan rumus pola-pola skala inilah irama-irama musik yang indah (bisa juga tidak indah  ) dapat anda dengarkan. Berikut merupakan tangga nada dasar, yang nantinya dapat dijadikan acuan untuk menghasilkan tangga nada baru :

  • Chromatic Scales

Apabila anda mempraktekan contoh diatas dengan memetik senar 6 fret 1 berurut hingga fret 12 maka anda telah memainkan chromatic scale (Tangga nada kromatik) F = Do

Dari gambar di atas chromatic scales merupakan tangga nada yang berjarak setengah antara suatu nada dengan nada berikutnya, tangga nada chromatic juga biasa disebut sebagai skala atonal atau tanpa root, jadi nada mana saja bisa menjadi root.

Meskipun ada 12 nada dalam 1 Oktaf, tapi hanya 7 huruf pertama dari abjad yang di gunakan untuk memeberi nama pada nada, yaitu dari A sampai G. kelima nada yang lain dalam tangga nada chromatic di beri nama dengan menempatkan tanda kres(#) atau tanda mol (b) setelah notasi pada nada.

Contoh :
Dari gambar diatas anda akan melihat bahwa nada F dan nada G mempunyai 1 jarak interval. Sehingga nada yang berada di antara nada F dan nada G disebut nada F# (nada yang mempunyai frekwensi lebih tinggi ½ interval). Dan dapat juga di sebut sebagai nada Gb (nada yang mempunyai frekwensi lebih rendah ½ interval).

Dari gambar diatas juga anda akan melihat bahwa nada B dan nada C mempunyai 1/2 jarak interval. Sehingga tidak ada nada B# maupun Cb.

Chromatic scales biasa di gunakan untuk bermain cepat sehingga pada kecepatan tertentu dapat menghasilkan irama yang bunyinya seperti lebah yang sedang terbang.

  • Diatonik scales

Skala diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. Tangga nada inilah yang biasanya menjadi acuan dalam menciptakan karya musik, serta pada tangga nada ini juga menjadi acuan dalam membuat (rumus) turunan tangga nada unik lain.

Pada tangga nada diatonic di bagi 2 yaitu :

  1. Mayor scales (Tangga nada Mayor)

Skala mayor murupakan tangga nada yang mempunyai jarak antar nada dengan rumus  interfal 1 1 ½ 1 1 1 ½

Pada contoh gambar di atas saya menggunakan nada dasar C = Do, dan anda dapat mempraktekannya dengan memetik senar 5 fret 3 (Nada C) lalu maju ke fret 5,7,8,10,12,14,15 hingga anda akan menghasilkan nada Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-do.

2.    Minor scales (Tangga nada Minor)

Skala minor murupakan tangga nada yang mempunyai jarak antar nada dengan interfal 1  ½  1 1 ½ 1 1

Pada contoh gambar diatas saya menggunakan nada dasar A = Do, dan anda dapat mempraktekannya dengan memetik senar 5 fret 0 (open string) lalu maju ke fret 2,3,5,7,8,10,12

Disamping tangga nada utama seperti chromatic dan diatonic masih banyak tangga nada lain yang dapat anda pelajari, dan pada artikel-artikel berikutnya saya akan jelaskan beberapa skala yang umum berikut contohnya.

Semoga membantu

ratdix

About these ads