Tags

, , ,

(reposting March 29, 2006)

Bagi anda pecinta linux yang sering gonta ganti atau sekedar untuk mencicipi distro baru mungkin akan sependapat dengan saya bahwa linux itu suatu OS yang “UNIK”. Itu sebabnya terkadang kita menggunakan distro “A” misalnya, karena lebih administratif. atau kita menggunakan distro “B” misalnya, karena lebih userfriendly, dsb.
Kesulitan kita adalah apabila kita hanya mempunyai spase penyimpanan yang terbatas, sehingga mempartisi dan menginstall ulang HDD tersebut. Sebenarnya.. hal tersebut bukanlah suatu masalah apabila kita ingin mencicipi disro linux terbaru apabila distro tersebut dapat di gunakan secara live CD, dalam arti tinggal PUT – BOOT than USE. tanpa harus instalasi.

Nah bagi rekan2 yang ingin mencicipi distro yang harus di instalasi, anda dapat menginstal XOSL (Extended Operating System Loader) dan membagi harddisk anda ke dalam beberapa partisi sehingga anda dapat menginstall, memilih dan menggunakan Linux kesukaan anda sebanyak yang anda inginkan. Karena…..

XOSL is a graphical boot manager released by Geurt Vos under GPL.
XOSL can dual boot over 30 various operating systems on a single disk.

So…. Jangan tunda lagi untuk mengembangkan dan mencoba kreatifitas baru, cobalah XOSL apabila anda mempunyai masalah seperti di atas. anda dapat mendownloadnya di sini , dan bila anda masih mengalami kesulitan klik disini untuk melihat dokumentasi.

Happy enjoying your favorite linux..

Ratdix