Tags

, , ,

Salam Linuxer….

Linux Maskot

Linux Maskot

Linux adalah sebuah System Operasi 32-64 bit turunan dari Unix dan bersifat open source yang dapat anda distribusikan dan pergunakan secara bebas di bawah lisensi GNU. Hak Cipta Kernel Linux dimiliki oleh Linus Torvalds (sang pembuat linux untuk pertama kalinya) di bawah GNU (General Public License). Sedangkan kernel sendiri merupakan core (inti) dari sebuah system operasi di mana tugasnya untuk mengatur dan mejembatani penggunaan perangkat-perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat pada suatu system.

Linux memiliki kemampuan dasar seperti halnya suatu system operasi pada umumnya. Bahkan kemampuan seperti Multi Tasking, Multi User & Multi Processing dapat di jalankan secara real time dan stabil.

  • Multi Tasking yaitu menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama dan masing-masing aplikasi juga dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang sama (multithreading).
  • Multi User yaitu kemampuan lebih dari satu user yang menggunakan satu system Linux secara bersamaan dalam satu waktu. Biasanya untuk melakukan hal ini di butuhkan suatu jaringan Komputer.
  • Multi Processing dikarenakan linux merupakan suatu system multi tasking dan multi user sehingga dapat di pastikan akan terjadi berbagai macam proses yang diantri dan di proses pada waktu yang sama berdasarkan Interrupt Request Time.

Linux juga memiliki banyak aplikasi-aplikasi pendukung lain yang bersifat gratis, sehingga untuk mengolah kata anda tidak perlu membeli lisensi khusus, ataupun untuk membuat suatu system server seperti email, anda tidak perlu menguluarkan biaya lisensi per usernya. Semua resource-recource tersebut dapat anda gunakan tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun (Kecuali anda ingin memberikan donasi kepada pengembang-pengembang linux maupun aplikasinya).

Linux juga memiliki beberapa varian-varian yang mungkin saat ini sudah terdapat ribuan varian (distribusi) linux. Sehingga anda menjadi lebih fleksibel untuk memilih dan menggunakan distribusi yang cocok buat anda. Ini merupakan suatu keunggulan di mana system operasi lain hanya memiliki bentuk dan tampilan yang monoton dan membosankan. Anda dapat membuat suatu system server maupun firewall yang tangguh dengan distro besar seperti Linux Redhat, Slackware, Debian, dll. Ataupun untuk penggunaan sehari-hari anda dapat menggunakan distro-distro linux yang cantik dan menawan seperti Vector Linux, elive Linux, Ubuntu, dll.

Linux tidak membutuhkan resource hardware yang tinggi, Apabila anda mempunyai computer “Tua” dan masih ingin di berdayakan coba anda gunakan Damm small linux, Deli linux ataupun Zenwalk. Di jamin anda akan bersorak ke girangan karena PC tua anda dapat dii gunakan kembali dengan tampilan desktop yang cantik dan memukau.

Linux lebih tahan terhadap virus. Virus di Linux memang sudah ada sejak dahulu kala, tetapi tidak pernah menciptakan masalah yang besar. Karena memiliki user Access Level yang baik maka jika dikelola dengan benar, virus bisa saja menginfeksi berkas-berkas yang dimiliki oleh seorang pengguna, tetapi akan sulit untuk menjalar ke berkas-berkas yang dimiliki oleh pengguna lain.

Linux juga dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda dan bahkan anda dapat membuat varian-varian baru tanpa harus melanggar hak cipta. Bayangkan apakah anda dapat melakukan hal ini pada system operasi selain Linux….? Sekarang sudah banyak sekali varian-varian linux yang di gunakan untuk kepentingan-kepentingan khusus. Tengok saja distro IpCops, Endian, ClarkConnect yang dapat anda gunakan sebagai firewall maupun gateway yang tangguh untuk jaringan computer anda. Atau anda juga dapat menggunakan Distro Backtrack untuk melakukan testing dan penertasi terhadap keamanan system lain. Anda juga dapat menggunakan distro Russix untuk penetrasi wireless dan web hacking. Ataupun edisi-edisi linux lainnya seperti muslim edition, antivirus edition, dll

Linux sudah dapat di gunakan langsung pada suatu computer tanpa harus melakukan installasi. Sudah banyak sekali varian dari linux live di buat. Linux-linux seperti ini dapat menguntungkan dan memudahkan anda yang memiliki mobilitas tinggi. Linux-linux seperti ini juga sering di gunakan untuk recovery system, backup data dari system lain.

Mungkin Rekan-rekan yang telah berpengalaman bisa menambahkan Kelebihan-kelebihan Linux yang lain….?

Semoga Membantu

ratdix