Tags

, , ,

Salam Shredders…

Tuning gitar merupakan proses menentukan frekuensi dan menyelaraskan frekuensi antar senar hingga menghasilkan nada standar. Pada gitar proses ini dilakukan dengan mengatur ketegangan senar melalui pemutar (tuning machine) yang ada di kepala (Head) gitar.

Tuning standar pada gitar yaitu E-A-D-G-B-e (mulai dari senar 6-5-4-3-2-1). Untuk menghasilkan frekuensi nada standart yang dapat di gunakan untuk men-tuning (stem) gitar anda diantaranya dengan menggunakan sebuah Chromatic Tuner elektronik, mencocokan frekuensi (nada yang di hasilkan) dengan alat musik lain maupun melakukan tuning dengan cara manual.

Tuning Menggunakan Cromatic Tuner

Dengan cara ini kita hanya perlu menghubungkan gitar kita ke perangkat chromatic tuner (bisa juga dengan hanya di dekatkan saja, tergantung perangkat tuning yang anda gunakan), lalu atur ketegangan senar yang akan anda tuning melalui pemutar (tuning machine) hingga perangkat chromatic tuner menghasilkan nada yang sesuai. Lakukan juga pada senar senar berikutnya

Tuning dengan membandingkan nada alat musik lain

Sebagai contoh saya akan memberikan cara ilustrasi mentuning gitar dengan cara membandingkan nada pada alat musik piano.

Denagn cara ini anda hanya membandingkan nada hingga menghasilkan frekuensi nada yang sama pada piano, Putarlah tuning machine pada senar yang akan anda stem dan babdingkan dengan nada yang di hasilkan oleh perangkat piano, lakukan juga untuk senar-senar lainnya. Ilustrasinya kira2 seperti gambar berikut :

Tuning dengan cara Manual

Ini merupakan cara yang termudah dan termurah ( karena anda tidak harus membeli Cromatic tuner maupun sebuah Piano untuk mentuning gitar anda😀 ). Anda hanya membutuhkan insting mendengarkan nada dengan baik, silahkan berlatih agar terbiasa😀. Anda dapat memulai dengan cara :

* Mengatur tuner machine pada senar 1 (open string) hingga menghasilkan nada e
* Setelah itu atus senar 2 dan tekan fret ke 5 hingga hasilnya akan sama dengan nada senar 1 (open string – nada e)
* Lanjutkan dengan atur senar 3 dan tekan fret 4 hingga hasilnya akan sama dengan nada senar 2 (open string – nada B)
* Lanjutkan dengan atur senar 4 dan tekan fret 5 hingga hasilnya akan sama dengan nada senar 3 (open string – nada G)
* Lanjutkan dengan atur senar 5 dan tekan fret 5 hingga hasilnya akan sama dengan nada senar 4 (open string – nada D)
* Lanjutkan dengan atur senar 6 dan tekan fret ke 5 hingga hasilnya akan sama dengan nada senar 5 (open string – nada A)

Silahkan lihat ilustrasi gambar diatas, Apabila anda telah berhasil maka gitar anda akan menghasilkan nada E > senar 6, nada A > senar 5, nada D > senar 4, nada G > senar 3, nada B > senar 2 dan terakhir nada e > senar 1.

Anda juga bisa mentuning gitar anda dengan cara membandingkan nada-nada berikut :

* Senar 1 Open (Nada E)

* Senar 2 Open (Nada B)

* Senar 3 Open (Nada G)

* Senar 4 Open (Nada D)

* Senar 5 Open (Nada A)

* Senar 6 Open (Nada E)

Semoga Membantu

ratdix