Tags

, , , , ,

Salam Shredders…

Tablature/tabulasi atau biasa juga di sebut dengan TAB merupakan suatu metode dalam menuliskan notasi-notasi musik yang dimainkan pada alat-alat musik yang memiliki fretboard (contoh: gitar atau bass). Penulisan Tab tidak menggunakan notasi-notasi balok musik standart (Partiture ) melainkan menggunakan karakter dan nomor umum pada ASCII, itulah mengapa kita tidak dapat mengetahui tempo (kecepatan) dan irama musik yang di tuliskan.

Gambar Penulisan Notasi Balok Musik

Gambar Penulisan Notasi Balok Musik

Apabila anda dapat membaca notasi-notasi musik pada gambar partiture diatas, maka dapat di pastikan anda juga anda akan mengetahui tempo dan irama musik yang di hasilkan. Klik disiniuntuk mendengarkan atau mendownload irama yang dihasilkan pada partiture diatas.

Sedangkan bila anda merasa sulit untuk membaca notasi musik seperti di atas anda dapat memainkan irama musik tersebut dengan cara membaca tab berikut :

Gambar  Penulisan TAB

Gambar Penulisan TAB

Dengan menggunakan TAB kita hanya mengetahui dimana nada-nada tersebut harus di tekan pada fretboard gitar kita, tetapi kita tidak dapat mengetahui dengan pasti Tempo dan Irama musiknya. Tanpa mendengarkan sample iramanya anda tidak akan dapat memainkan musik tersebut dengan irama yang tepat. Oleh sebab itu dalam buku-buku tablature biasanya di sertakan juga Penulisan notasi baloknya.

Penulisan Tablatur terdiri dari enam garis horizontal yang menunjukkan posisi senar (untuk alat musik gitar 6 senar). Anda dapat memvisualisasikan TAB seolah-olah anda melihat fretboard gitar yang sedang anda baringkan di pangkuan anda. Garis horizontal di hitung mulai dari yang teratas adalah senar satu atau senar terkecil. Garis kedua dari atas adalah senar ke dua, garis berikutnya adalah senar ke tiga. Demikian seterusnya hingga garis ke enam atau yang paling bawah yang merupakan senar enam atau senar terbesar.

Angka di dalam garis horizontal menunjukkan fret gitar yang akan anda tekan, dan terkadang ada juga yang menuliskan angka-angka di bawah tablature, itu menunjukkan posisi jari kiri yang menekan fret. Jari telunjuk ditunjukkan dengan angka 1, sedangkan 2 adalah jari tengah. Angka 3 adalah jari manis dan 4 adalah kelingking.

Sedangkan dalam TAB diatas, dibagi menjadi 4 kolom pemisah yang dinamakan BAR. Berarti dalam TAB di atas ada 4 buah bar. Dan kita akan akan bahas cara membaca tablature pada bar yang pertama. Dari gambar TAB diatas pada bar pertama anda harus memetik senar lima open (tanpa ada yang di tekan di fret) lalu dilanjutkan dengan memetik senar 4 fret ke 2, dilanjutkan lagi memetik senar ke 3 fret ke 2 dan memetik senar 1 open. Kemudian dilanjutkan lagi memetik senar 5 open, lalu petik senar 4 fret ke 2 lanjut untuk memetik senar 3 fret ke 2 dan terakhir petik senar 2 fret ke 1. Begitulah cara membaca BAR pertama pada TAB diatas. Silahkan anda lanjutkan untuk membaca dan mempraktekkan BAR-BAR selanjutnya.

Semoga Membantu

ratdix