Tags

, , ,

Salam Shredders….

Picking……


Menurut saya picking adalah cara bagaimana anda memetik senar gitar. Bagi seorang gitaris picking tidak boleh di sepelekan, karena itu ada banyak sekali tipe-tipe picking yang dapat kita pelajari. Saya sendiri bukanlah seorang yang piawai dalam bermusik (terlebih untuk memainkan alat musik gitar) tetapi saya akan coba menjelaskan beberapa tipe picking yang menurut saya hanya ada 2 konsep yaitu picking menggunakan jari (finger picking) dan picking menggunakan alat (Proper picking). Dari kedua konsep dasar picking tersebut maka dapat di ciptakan variasi-variasi picking lainnya yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhannya.

Finger Picking

Finger Picking merupakan suatu cara memetik senar gitar menggunakan jari, dalam penulisan notasi-notasi musik jari kanan dan kiri di bedakan menggunakan simbol huruf dan angka. Jari-jari kiri biasanya di gunakan untuk menekan senar pada fret-fret gitar, sedangkan jari kanan biasanya di gunakan untuk memetik senar-senar tersebut. di ilustrasikan seperti gambar berikut :

Langsung saja kita praktekan dengan membaca notasi tablature di bawah ini :

Anda lihat bar yang pertama dari gambar diatas, nada pertama anda menekan senar 4 fret 2 dengan menggunakan jari tengah tangan kiri dan memetiknya dengan jari Jempol tangan kanan. Dilanjutkan dengan memetik senar 2 fret ke 1 menggunakan jari telunjuk tangan kiri dan di petik menggunakan jari tengah tangan kanan. Lalu dilanjutkan dengan memetik open senar 3 menggunakan jari telunjuk tangan kanan. Selanjutnya memetik open senar 1 menggunakan jari manis tangan kanan. Dan begitu seterusnya.

Proper Picking

Propper Picking

Propper Picking

Proper Picking merupakan suatu metode memetik gitar dengan menggunakan alat seperti pick, ada banyak variasi dan tehnik yang dapat di gunakan dan di kembangkan pada metode ini. Saya akan menjelaskan beberapa variasi-variasi proper picking diantaranya :

  • Up-stroke picking = Istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar kea rah atas, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter V
  • Down-stroke Picking = istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar kea rah bawah, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter ^
  • Arternate Picking = Merupakan gabungan dari upstroke picking dan downstroke picking yaitu memetik senar kea rah atas dan bawah. Picking jenis ini paling sering di gunakan karena dapat memetik senar lebih cepat di bandingkan bila anda hanya menggunakan up-stoke saja ataupun down-storoke saja
  • Economic Picking = Variasi tehnih picking untuk permainan permainan solo cepat, economic hampir sama dengan arternate picking, yang membedakan economic dapat membunyikan 2 nada pada 2 senar yang berbeda menjadi satu kali petikan
  • Circle Picking = Kadang ada juga yang menyatakan kalau circle picking sama dengan economic picking, tapi saya membedakannya karena pada circle picking memetikan senar dengan cara memutar seperti lingkaran sehingga dapt menghasilkan suara lebih halus (Anda boleh kok tidak sependapat dengan saya😀 )
  • Sweep Picking = bias juga di sebut arpeggio picking. Variasi ini di gunakan untuk memetik beberapa senar gitar sekaligus, dengan cara memetikan senar kebawah saja atau keatas saja.
  • Tremolo Picking = Sama dengan arternate picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.
  • Harmonic Picking = Variasi picking untuk mengkasilkan nada-nada harmonic. Silahkan lihat dan dengarkan suara gitar yang di hasilkan dari video berikut.

Masih banyak lagi variasi-variasi picking yang lain, mungkin ada yang bisa bantu menambahkan….

SemogaMembantu

ratdix