Tags

, , , , ,

Salam Shredders…

Pada sesi ini saya akan mencoba membahas tentang Mayor dan Minor. Mengingat pentingnya mengetahui dengan baik tentang hal ini agar telinga anda dapat terbiasa dengan nada-nada yang di dengar yang nantinya dapat membantu anda dalam berinprovisasi musik.

Untuk membedakan mayor atau minor sama saja dengan membiasakan feel (pendengaran & perasaan) anda terhadap nada. Biasanya pada nada mayor suara yang dihasilkan cenderung mengarah ke suasana musik ceria atau meriah sedangkan nada minor suara yang dihasilkan cenderung mengarah ke suasana musik mellow atau sedih.

Lalu bagaimana cara menentukan mayor atau minornya suatu nada…..?

Apabila anda sekarang berada pada posisi chord C minor maka dengan menggunakan rumus “Circle-of-fifths” anda akan menemukan mayornya pada nada Eb (E mol), begitu juga bila anda sekarang berada pada posisi chord C Mayor maka minornya terletak pada nada A (minor). Untuk jelasnya silahkan anda lihar diagram Circle-of-fifths berikut :

Dari diagram (tabel) diatas, Setiap nada yang di wakili huruf berwarna merah merupakan nada mayor, huruf berwarna biru mewakili nada minor, sedangkan huruf berwarna hitam mewakili nada dimished. Sehingga untuk menentukan mayor atau minornya suatu nada, anda tinggal menentukan nada awalnya lalu lihat tabel yang seperti potongan-potongan kue diatas.Saya akan kasih soal lagi, apabila saya bermain di nada A Mayor, sekarang bisakah anda tentukan nada minornya……? yup…. tepat sekali nada minornya merupakan f#.

Lalu bagaimanakan cara menentukan nada apa saja pada chord mayor & minor….?

Untuk menjawab pertanyaan yang terakhir ini, silahkan anda tunggu artikel berikutnya…😀

Semoga Membantu

ratdix