Tags

, , ,

Salam Shredders….

Hacking di dalam dunia Komputer merupakan suatu “kegemaran” melakukan suatu hal diluar prosedur biasanya dengan tujuan untuk menyempurnakan, mengoptimalkan sesuatu yang baru dan menemukan suatu kelemahan pada suatu sistem, untuk kemudian dapat diperbaiki pada sistem berikutnya. Pada Artikel ini saya gunakan juga istilah Hacking untuk meningkatkan Performa Gitar Elektrik yang belum lama saya beli. Kebetulan semalam saya ada mod untuk otak-atik gitar guna mendongkrak performance gitar tersebut, dan akan saya share trik-nya pada artikel ini. Mudah-mudahan tips sederhana ini bermanfaat untuk anda juga yang mungkin ingin mendongkrak kinerja gitar elektrik anda. Ketika menuliskan artikel ini saya juga memerlukan referensi dalam penulisan, dan saya mendapatkan artikel yang di tulis oleh Mas Andre Harihandoyo yang intinya sama dengan yang ingin saya tuliskan. Perangkat/Tools yang di butuh sederhana saja cukup anda siapkan obeng dan kunci L yang anda dapatkan pada saat membeli gitar elektrik baru. Ok, langsung saja ini adalah foto gitar baru saya.

Foto Gitar yang akan di Hacking

Foto Gitar yang akan di Hacking

Untuk meningkatkan performa gitar ini akan saya Hacking di beberapa bagian.

  • Setting Truss Rod

Truss Rod adalah sebilah besi panjang yang ditanam didalam neck gitar, untuk mengatur agak neck gitar tetap pada keadaan lurus, tidak melengkung cembung, ataupun cekung (lihat gambar)

Walaupun biasanya gitar keluaran baru dari pabrikan neck ini sudah di set, namun tak ada salahnya anda melakukan cek untuk mengetahui bengkok atau tidaknya neck gitar anda. Coba anda tekan salah satu senar hingga menyentuh Fret yang paling dekat dengan Pickups.

idealnya bila neck gitar anda lurus maka senar tadi menempel pada mayoritas fret kecuali fret yang terletak di dekat-dekat Nuts karena memang posisi nuts ini berada lebih tinggi dari fret. Apabila Senar yang anda tekan tadi tidak menempel di mayoritas fret maka kemungkinan Nect anda mengalami bengkok. Bengkok pada neck dapat anda atasi dengan cara memutar Truss Rod yang berada di bagian HeadStroke menggunakan kunci L.

Apabila Neck Gitar anda agak cekung maka kencangkanlah Truss Rod dengan cara memutarkan menggunakan kunci L ke arah seperti anda mengencangkan sebuah sekrup. Sebaliknya apabila Neck Gitar anda  Cembung maka Kendorkan Truss Rod seperti anda mengendorkan sebuah baut.

  • Setting Action Senar

Mensetting action senar, maksudnya mengatur jarak antara senar dengan permukaan kayu pada fretboard neck. Idealnya Semakin rendah jarak senar dengan fretboard maka akan semakin ringan untuk dimainkan. Tapi hati hati, terlalu rendah bisa menyebabkan fretbuzz!. Mengubah action senar berarti juga mengubah tinggi rendah bridge, karena tinggi rendah bridge juga mempengaruhi tinggi rendahnya senar. maka untuk men’set action ini, satu satunya cara adalah melalui bridge dan Merendahkan ketinggian Tremollo. Sebelum men-setting Bridge dan Tremollo pastikan anda mengendorkan Pengunci Senar pada Nuts seperti gambar Berikut :

Berikut ini adalah gambar di bagian bridge manakah yang harus diputar putar untuk mengatur tinggi rendahnya (lihat gambar).

Karena Gitar yang saya Hacking menggunakan Tremolo maka saya juga atur agar tremolo tidak terlalu mengangkat keatas dengan cara membuka penutup yang berada di bagian belakang gitar, dan mengencangkang kedua baut penyangga per seperti gambar berikut.

. .

Setelah anda melakukan hacking untuk action senar di harapkan jarak antara senar dan Fretboard anda akan semakin rendah sehingga anda senar-senar tersebut tidak terasa berat untuk ditekan.

  • Tinggi Pickup

Ketinggian pickup juga harus diatur, jangan sampai terlalu dekat dengan senar, jangan juga terlalu jauh. Terlalu jauh dari senar akan menyebabkan gain berkurang. Sedangkan semakin Dekat Pickup dengan senar, semakin hebat gain yang dihasilkan! Tetapi jangan terlalu dekat, bisa menyebabkan senar menyentuh magnet pole pieces dari pickup dan mengeluarkan suara yang tidak diinginkan, serta dapat mengganggu permainan picking anda. Ketinggian pickup dapat diatur hanya dengan memutar kedua skrup yang ada pada pinggir masing2 pickup.

. .

  • Setting Intonasi

Bagaimana caranya mengetahui gitar anda sudah memiliki intonasi yang baik? cobalah dengan sebuah tuner. Bunyikan salah satu senar tanpa ditekan (misalkan senar satu yang bernada E), Lalu tekanlah di fret 12 dan bunyikan lagi. Apabila Nada’nya juga tepat E, maka intonasi gitar anda sudah OK! Tetapi apabila lebih rendah sedikit dari E, maka majukan saddle bridge kearah pickup. Saddle adalah tempat tumpuan senar di bridge. Dan apabila lebih tinggi sedikit dari E, maka mundurkan saddle bridge ke lawan arah pickup, lakukan juga terhadap semua senar, sampai semuanya memiliki intonasi yang baik.

  • Tunning Ulang Gitar Anda

Setelah Semua bagian Di hack dengan optimal, sekarang silahkan anda tuning (Stem) Ulang gitar anda Dengan memutar Tuning Machine dan Sebaiknya anda Gunakan Perangkat Tunner.

. .

Setelah Di Hack Ternyata menaikkan Performa Gitarku, Waaahh… Suaranya jadi Garang Sekali Seperti Harimau yang menyalak-nyalak siap untuk menerkam he..he..he.. Selanjutnya mungkin saya akan mengganti Pickups saya dengan yang lebih sensitif sehingga lengkingannya terasa tajam, Adakah teman-teman yang bisa membantu saya untuk merekomendasikan Pickups apa yang haru saya gunakan…..?

Semoga Membantu

ratdix