Tags

, , , , , , , ,

Salam Linuxer…

Hari ini saya membangun Dhcp Server dan internet Gateway yang akan di gunakan oleh Salah satu syster Company Perusahaan Kami. Awalnya Service DHCP ini di tangani oleh sebuah perangkat Ethernet Broadband Router tetapi berhubung perangkat tersebut rusak sehingga terpikir untuk menggantinya menggunakan Unit PC yang akan saya fungsikan juga sebagai Transparent Proxy dengan Content Filter dan Firewall. Karena bersifat transparent maka rekan-rekan support tidak perlu lagi mensetting Proxy pada setiap komputer user agar user dapat berinternet dengan aman. Saya juga membutuhkan beberapa port di server ini yang nantinya akan saya akses guna proses monitoring dan maintenance sehingga akan saya buka beberapa port di server ini.

Awalnya saya ingin menggunakan RedHat Base untuk membangun server ini setelah semua Goal saya tetapkan, tetapi saat ingin membangun server ini ingatan saya tertuju pada sebuah system operasi Linux rpm Base yang simple, aman dan powerfull. Endian….. Yup, saya ingin menggunakan linux ini saja agar tidak memakan waktu proses instalasi dan konfigurasi.

Endian Firewall Community is a “turn-key” GNU/Linux distribution that turns every system into a full-featured security appliance. Endian Firewall is very easy to install, flexible, easy to manage and use.

Topologi Jaringan yang akan saya gunakan seperti gambar berikut :

Sebagai tambahan informasi, komputer yang akan saya jadikan server memiliki spesifikasi Pentium 4 dengan memory 128MB dan menggunakan 2 buah LAN Card yang akan di gunakan untuk Red Zone dan Green Zone.

  • Installasi

Sebelumnya silahkan anda download File Iso dari Endian disini setelah anda download dan burning ke kepingan CD, silahkan masukan ke CDROM Drive dan lakukan booting dangan prioritas awal boot menggunakan cd.

Pada saat booting, akan muncul prompt seperti gambar di atas ( Tekan saja ENTER untuk melanjutkan ke proses yang berikutnya )

Karena ndak ada pilihan bahawa jowo😀, maka saya memilih bahasa English saja pada saat instalasi.

Are you sure that you want to install Endian Firewall on your computer? Pilih saja ‘Yes’ dan tekan OK to start the automated partitioning and the package installation processes. (Pertanyaan ini cukup mengganggu bagi saya yang ingin segalanya serba cepat :D)

Sebelum memulai pembuatan partisi, Endian System akan menanyakan pilihan apakan anda ingin mengaktifkan fasilitas console over your serial port. Fasilitas ini berguna bila anda ingin mengakses Endian menggunakan laptop yang  terkoneksi ke firewall via kabel nullmodem. Dan ketikkan password yang akan di gunakan oleh user root (Administrasi via console) dan admin (administrasi via web).

Setelah itu anda isikan alamat yang akan di gunakan Endian untuk berhubungan dengan Green Zone. Green Zone merupakan suatu zona dimana Jaringan LAN internal anda terhubung dengan Green Interface Endian. Setelah itu tekan OK.

Gambar di atas menunjukkan Proses instalasi Endian Telah Selesai, Mudah dan Cepat bukan…. Proses instalasi Endian di Server saya memakan waktu tidak lebih dari 15 Menit. Yang lama justru menyiapkan materi dan menuliskan artikel ini di blog saya, bisa memakan waktu 2 Jam ha..ha..ha..

  • Konfigurasi

Silahkan anda hubungkan green interface Endian ke Switch dan akses Endian menggunakan komputer lainyang terhubung ke jaringan menggunakan IP statik yang satu subnet dengan Endian Green Interface. Bukalah Browser pada Komputer anda dan ketik https://172.19.1.1:10443

Tekan Yes untuk pada Peringatan Certificate SSL, dan ketikan user Admin beserta password yang telah anda buat, setelah itu anda akan di bawa ke halaman berikut.

Setelah itu pilih Network Configurations untuk melakukan konfigurasi Red Interface Anda. Red Interface merupakan Interface yang berisi IP Public yang di berikan ISP anda.

. .

. .

Silahkan Konfigurasikan Red Zone seperti gambar diatas, Anda dapat melihat dan memperbesar gambar di atas secara urut dari kiri ke kanan. Setelah selesai klik OK, Apply Configuration Seperti gambar berikut.

Setelah itu konfigurasikan Fungsi SSH agar anda dapat mengakses Server via Remote.

Jangan lupa tekan tombol save setiap anda selesai mengkonfigurasikan sesuatu di Endian Anda.

Setelah itu Pilih Services – DHCP Server untuk mengkonfigurasikan dan mengaktifkan Fungsi DHCP Server pada System Endian Anda

.

Sekarang konfigurasikan Fungsi Proxy dengan mengarahkan dan mengklik kursor mouse anda ke pilihan Proxy. Konfigurasikan Proxy dan Conten Filtering seperti gambar di atas, dan tekan save untuk menyimpan konfigurasi tersebut.

Terakhir konfigurasikan Firewall Agar System Endian anda terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Bukalah port-port yang anda butuhkan guna proses maintenance anda. Pilih Firewall – External Access – Add Rule. Untuk membuat Rule-rule yang anda tetapkan seperti gambar diatas.

Setelah semua telah anda konfigurasikan, lihatlah Statusnya pada System Status untuk melihat proses / service apa saja yang di jalankan.

Semoga Membantu

ratdix