Tags

, ,

Hari ini saat sedang blog walking, saya nemu artikel menarik yang mungkin juga dapat bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang suka mengkonsumsi telur asin (termasuk saya), ada tips untuk membuat telur asin made in tangan Anda sendiri. Tips ini boleh anda coba karena beberapa blogger kita juga pernah mencobanya bahkan dengan menggunakan telur ayam biasa. Yang mengherankan adalah tempat yang di gunakan untuk membuat telur asin itu adalah Tupperware. Tupperware adalah merek yang sudah terkenal di dunia dan mendapat tempat “terhormat” sebagai perlengkapan rumah tangga berkualitas tinggi. Sesampainya di rumah nanti mungkin saya akan meminta istri saya untuk mencoba resep ini juga ha..ha..ha..

Resep asli untuk membuat telur asin ini ditulis oleh Arum Wijayanti – Semarang seperti berikut ini :

Bahan :
10 Butir Telor Bebek (beberapa blogger kita bahkan mencoba menggunakan telur ayam)
10 Sdm Garam Dapur
1000 ml Air

Cara Membuat :

1. Bersihkan telor bebek dengan di gosok / disikat hingga bersih pilih telor yang betul-betul bagus.

2. Siapkan Wadah Tupperware untuk menyimpan / memeram telor bebek ( Dengan menggunakan Single Deco ). (Beberapa blogger kita menggunakan Tupperware dengan type yang mereka punya yang ruangnya cukup untuk merendam telur)

3. Tuangkan air kedalam wadah Single Deci lalu masukan garam dan aduk rata, sehingga menjadi larutan air garam.

4. Masukan telor bebek yang sudah bersih kedalam larutan tersebut.

5. Tutup rapat wadah, lalu simpan ditempat yang kering.

6. Untuk telor dengan kadar keasinan rendah disimpan 1 minggu saja, untuk keasingan sedang disimpan selama 2 minggu dan bila ingin sampai “Masir” ( kuning telor sampai keluar minyaknya ) disimpan sampai 3 minggu Selanjutnya telor bisa direbus atau di bikin masakan lain

Tips :

  • Cara memilih telor yang baik, letakan telor didalam air bila tenggelam berarti bagus.
  • Kalau pakai telur ayam biasa yang warnanya putih, garamnya harus dikurangi. Mungkin karena kulit telur ayam yang putih lebih tipis dari brown egg jadi menyerap garam lebih cepat. Semakin banyak garamnya, semakin cepat jadinya (tapi jadi asin sekali tentunya). Jadi telur asin yang bagus merupakan gabungan dari lama menyimpan dan perbandingan garam + air.
  • Meskipun telur tenggelam dalam air, ketika dimasukkan ke dalam air garam, telur jadi mengapung. Ini berarti massa jenis air meningkat karena adanya penambahan garam, dan larutan ini lebih berat dibandingkan telurnya. Kalau pakai brown egg disimpan selama kurang lebih sekitar 2-3 minggu. Kalau pakai telur putih, disimpan sekitar 7-15 hari.
  • Dengan menggunakan Tupperware membuat telor asin tanpa abu gosok / bubuk batubata dan lebih gampang dan hasilnya … lembut dan lebih uuueeeenakk….

So.. ada yang mau coba juga??! gampang kok..😉 btw, ngomong-ngomong soal Tupperware, kalau ada diantara anda yang membutuhkannya atau ingin informasi lebih lanjut tentang tupperware, bisa menghubungi ibu OMEGA di jakarta Timur Telp: 085692523337 / 32534254(flexy) dijamin bisa mendapatkan harga yang termurah deh😀.

Selamat Mencoba …. !!

ratdix