Tags

, ,

Apabila anda pergi ke toko alat musik guna membeli senar gitar, dapat dipastikan anda akan menemukan banyak sekali merk dan jenis dari senar. Ternyata ukuran diameter dan type senar-pun juga bermacam-macam, belum lagi untuk desainnya seperti roundwound, Flatwound, dan groundwound. Agar anda tidak bingung untuk memilih senar yang tepat buat gitar dan karakter permainan anda, berikut akan saya kupas tuntas mengenai senar dan tips untuk memasang senar (menyenar gitar) sehingga membuat senar menjadi lebih awet dan mencegah rusaknya gitar anda karena neck yang bengkok akibat senar.

Pilih senar yang pas

Seperti gitar, senarpun di buat dalam berbagai macam jenis dan merek. Agar anda menjadi lebih jelas, ada 4 hal dasar yang perlu di ingat saat memilih senar. Empat hal tersebut, yaitu material atau bahan dasar, desain, diameter (biasa juga disebut gauge) serta elastisitas.

  • Ada 2 material dasar yang biasa di gunakan oleh produsen senar yaitu nikel dan nylon. Nylon adalah sejenis senar yang biasa di gunakan untuk gitar akustik jenis klasik. Sementara itu, gitar akustik jenis folk dan kebanyakan gitar elektrik lainnya menggunakan senar nikel .
  • Sampai detik ini ada 3 desain senar yang banyak beredar: roundwound, yang paling standart. Flatwound yang lebih pas buat gitar hollow-body (gitar bodi kosong). Serta groundwound yang cocok buat gitar apapun. Terkadang Pabrikan senar juga menginformasikan karakter seperti Bright atau Mellow. Semakin mendekati ke arah bright, artinya senar tersebut cenderung menghasilkan suara yang semakin kasar dan lebih ber-distorsi. Nah, semakin ke arah mellow, suara yang dihasilkan cenderung halus dan clean.

D'Addario dengan karakter berbeda

  • Urusan diameter sangat bergantung dengan karakter bunyi yang di inginkan. Kalau ingin lebih agresif, keras dengan tone yang tebal, pilih saja senar dengan diameter yang besar. Diameter biasanya bervariasi dari 0.08 hingga 0.56 (biasa di tulis juga 08 hingga 56). Diameter senar dan juga tegangan saling berhubungan. Semakin tinggi tegangan standar suatu senar, semakin tebal juga diameter senar. Semakin tinggi tegangan juga berartisuara yang dihasilkan dari senar tersebut terasa makin bertenaga. Namun, tangan kiri harus menekan lebih kuat apabila kita menggunakan tegangan yang lebih tinggi. Pada umumnya, senar-senar yang beredar memiliki pilihan tegangan Normal Tension, Hard Tension,Extra-Hard Tension. Berhati-hatilah saat menggunakan senar high-tension ke atas, karena apabila gitar tak mampu menahan getaran yang dihasilkan, suara justru akan menjadi pecah.

Ernie Ball dengan Diameter Berbeda

  • Untuk elastisitas biasanya semakin tebal diameter senar maka akan semakin kurang elastis.

Memasang Senar

Setelah senar yang pas didapat, tiba saatnya untuk memasangkan pada gitar (menyenar gitar). Beberapa hal yang perlu di perhatikan saat menyenar gitar adalah sbb:

  • Jangan gunakan senar nickel pada gitar yang di desain untuk senar nylon
  • Jangan melilit senar terlalu banyak di kenop tunner. Dua sampai empat lilitan saja sudah cukup, yang penting tunningnya pas
  • Arahkan lilitan senar ke bawah. Pastikan lilitannya rapi dan tidak ada yang bertumpuk
  • Untuk gitar bersenar nylon, lilitan di tuner harus sejajar dengan leher gitar. Pastikan kalau tiap senar dapat sudut yang kecil dengan pemandu senar (nut)
  • Hindari senar tertekuk tajam, jangan terlalu kencang menekan senar saat melilitkan pada tuner
  • Jangan masukkan senar pada lubang tuner lebih dari satu kali
  • Kalau harus di potong, beri jarak sekiatr 1-2 sentimeter dari ujung senar yang ingin di tinggalkan
  • Khusus untuk senar rendah (senar 3 sampai 6) jangan tarik terlalu kencang supaya penebalnya tidak mudah rusak
  • Supaya lebih aman tekuk sisa ujung senar di tuner kearah atas sehingga tidak membuat jari terluka atau merusak headstock
  • Jauhkan dari mata saat mengencangkan senar, agar mata anda tidak tersambar senar bila putus pada saat pipasangkan
  • Bersihkan senar dari debu atau sisa keringat menggunakan kain halus agar tidak mudah berkarat, dan simpan juga gitar di tempat yang mempunyai kelembaban cukup agar senar tidak mudah karat (kira2 72 F) kalau perlu gunakan cairan untuk senar Misalnya fast fret.