Tags

, , , ,

Salam Shredders,

front

Mungkin anda akan bertanya-tanya tentang dari mana asalnya teori Finger Aerobics ini, dan mungkin saja Finger Aerobics tidak akan pernah anda jumpai pada teori-teori gitar, ini hanya suatu istilah saja yang saya gunakan untuk pemanasan dan pelemasan jari. Seperti halnya materi Guitar Aerobics yang di jelaskan oleh Danny Gill pada Lick Library.

Saya yakin dengan PASTI bahwa setiap gitaris memiliki cara dan metoda masing-masing yang mungkin saja berbeda tetapi tetap pada tujuan yang sama, yaitu pemanasan (sebelum bermain gitar) dan latihan untuk meningkatkan kemampuan jari-jari dalam bermain gitar. Jadi saya rasa hal ini tidak perlu anda perdebatkan.

Banyak sekali manfaat dari Finger Aerobic ini, diantaranya adalah :

  • Melemaskan otot-otot tangan dan jari yang kaku
  • Melatih Kekuatan tekanan jari-jari anda
  • Melatih kecepatan Jari
  • Melatih Daya tahan jari-jari anda agar tidak mengurangi tempo saat bermain speed
  • Melatih Feeling, dll

Finger Aerobics pada dasarnya terdiri dari dua sessi yaitu stretching (peregangan, Pelemasan, Relaxasi) dan Exercising (Latihan, senam jari). Dan Pada sesi ini saya akan membahas Stetching.

Seperti halnya dalam berolah raga, sebelum melakukan olah raga biasanya anda melakukan stretching, begitu juga bila anda bermain gitar, dengan Stretching jari-jari anda dapat bergerak lebih efisien. Selama sesi latihan, otot akan memendek saat mulai letih. Ini akan menghambat kemampuan tubuh untuk menghasilkan kecepatan dan kekuatan serta menyebabkan gerakan Anda kurang efisien dan lebih pendek. Stretching akan membantu mengatasi hal ini dengan membuat otot tetap panjang dan memperbaiki elastisitas/fleksibilitas jaringan tubuh. Stretching setelah latihan atau di antara latihan ketahanan dapat meningkatkan kekuatan sampai 20%. Bila dilakukan dengan benar, stretching akan membantu mencegah timbulnya cedera otot jari.

Sebenarnya stretching dapat dilakukan kapanpun Anda suka, yang pasti biasakanlah untuk melakukan sebelum dan setelah latihan karena dapat membuat otot lebih ’hangat’ dan lentur, sehingga lebih mudah memanjang. Gerakan-gerakan pada stretching akan memacu keluarnya pelumas alami tubuh untuk melindungi permukaan tulang dan persendian-persendian jari dan (bahkan) tangan anda.

Berikut beberapa gerakan stretching biasa anda lakukan.

1. Sebelum bermain gitar, biasanya buat tangan anda menjadi rilex, anda boleh memijat-mijat tangan dan jari anda sendiri sebelum memulai. Atau anda dapat mengikuti kebiasaan Al Di Meola yang selalu menghangatkan tangannya dengan cara merendam di dalam air hangat. Intinya buatlah tangan dan jari-jari anda menjadi lebih terasa rilex. Setelah itu lurus kan tangan anda kedepan kemudian tariklah kebelakang hingga beberapa saat dengan tangan menggunakan tangan lainnya. Lakukanlah bergantian pada tangan kiri dan tangan kanan anda.

1a 1b

2. Kemudian luruskan tangan anda kedepan dengan jari-jari tangan menghadap kebawah, lalu tariklah punggung tangan anda ke belakang hingga beberapa saat menggunakan tangan lainnya. Lakukanlah bergantian pada tangan kiri dan tangan kanan anda.

2a 2b

3. Kemudian luruskan tangan anda kedepan dengan telapak tangan menghadap ke depan dab jari-jari tangan menghadap keatas, lalu tariklah jari-jari anda secara bersamaan ke belakang hingga beberapa saat menggunakan tangan lainnya. Lakukanlah bergantian pada tangan kiri dan tangan kanan anda. lakukan hal yang sama juga dengan posisi jari-jari tangan mengjadap ke bawah.

3a1 3b3 4a 4b

4. Selanjutnya luruskan tangan dan jari-jari anda kedepan lalu tariklah jari anda kebelakang satu-persatu secara bergantian hingga beberapa saat menggunakan tangan lainnya.

5a 5b 5c

5. Selanjutnya luruskan tangan anda dengan jari-jari menghadap kebawah lalu regangkanlah setiap jari-jari anda antara yang satu dengan yang lain pada setiap 2 jari yang berdekatan.

6a1 6b 6c 6d

6. Selanjutnya luruskan tangan anda dengan jari-jari menghadap kebawah lalu tarik masing-masing jari ke belakang secara bergantian.

7a 7b 7c 7d

Selanjutnya siapkan gitar anda, dan kita akan mencoba Exercising (Senam Jari) Pada artikel Finger Aerobics selanjutnya😀.

Semoga Membantu

ratdix