Tags

, ,

Salam Shredders

firstpositionc_smaller

Pada sesi Finger Aerobics kali ini kita akan berlatih Exercising (selanjutnya saya akan menyebutnya sebagai “Senam Jari”). Senam jari ini di gunakan sebagai salah satu sarana untuk meregangkan dan melemaskan otot-otot tangan agar tidak kaku juga dapat melatih kekuatan tekanan jari-jari kiri anda pada saat menari di atas Fretboard,  sekaligus untuk melatih jari kiri anda agar dapat bermain stabil dengan tempo yang konstan. Sedangkan manfaatnya untuk tangan kanan anda adalah sebagai sarana untuk melatih Aternate Picking.

left-hand Jari-jari pada tangan kiri di notasikan dengan angka 1 hingga 4

  • Angka 1 mewakili jari telunjuk kiri anda
  • Angka 2 mewakili jari tengah kiri anda
  • Angka 3 mewakili jari manis kiri anda
  • Dan angka 4 mewakili jari kelingking kiri anda.

Rule-nya adalah 1 jari untuk 1 Fret.

Sedangkan pada saat yang sama tangan kanan anda melakukan Aternate Picking (Picking Up dan Down secara bergantian).

Latihannya dilakukan secara Ascending, Descending, Going Up dan Going Down (Istilah sak karepe dhewe…). “Ascending” merupakan suatu pola gerakan maju ke nada yang lebih tinggi, sedangkan “descending” merupakan kebalikannya yaitu suatu pola gerakan mundur ke nada yang lebih rendah. “Going Up” merupakan suatu pola gerakan berpindah dari suatu senar ke senar lain yang berada di atasnya, sedangkan “Going Down” merupakan suatu pola gerakan berpindah dari suatu senar ke senar yang berada di bawahnya. Lihat Gambar Berikut :

ascending

descending

going-down

going-up

Note :

  • Video yang saya praktekan hanya sekedar contoh saja, agar durasi video tidak terlalu lama sehingga menjadikan file video tersebut tidak terlalu membesar. Lakukanlah senam jari tersebut sesuai dengan aturan.
  • Antara Audio dan Visualpada video ini masih terdapat delay, karena kecilnya resolusi kamera di notebook saya (he..he.. harap maklum)
  • Adakalanya nanti jari-jari anda terasa letih dan berat sekali untuk di gerakan, pada saat itu cobalah untuk terus konsisten hingga exercise selesai, anda boleh menurunkan tempo gerakannya bila sudah terasa sangat berat dan sakit pada jari-jari dengan syarat anda harus pertahankan terus rule-nya (1 jari untuk 1 fret dan usahakan selalu mengeluarkan bunyi yang sempurna pada saat picking). Bila sudah sering di lakukan setiap hari usahakan selalu tambah temponya untuk melatih permainan speed guitar anda.

Praktek :

Untuk praktek no 1 sampai 4 rulenya sbb :

  • Di mulai dari fret pertama, lakukan Exercise ini secara ascending menyusuri semua fret gitar anda di susul dengan Going down ke senar selanjutnya dan descending kembali ke semua fret. Di mulai dari senar 6 hingga senar 1.
  • Selanjutnya Lakukan juga Exercise ini (juga di mulai dari fret pertama) secara going down dari senar 6 hingga senar 1 dilanjutkan dengan ascending setapak dan going up dari senar 1 hingga senar 6 dan di lanjutkan terus hingga ke semua fret.
  1. Exercising 1-2-3-4
  2. Exercising 1-2-4 – 1-3-4
  3. Exercising 1-4-3-4 – 1-4-2-4
  4. Exercising 1-3-2-4
  5. Untuk praktek no 5  sampai 6 rulenya sbb :
    *  Saya memulai dari fret ke 12, lakukan Exercise ini secara Descending menyusuri semua fret gitar anda di susul dengan Going down ke senar selanjutnya dan Ascending kembali hingga ke fret pertama. Lakukan secara berulang di mulai dari senar 6 hingga senar ke 1.
    *  Selanjutnya Lakukan juga Exercise ini (juga saya mulai dari fret ke 12) secara Going Down dari senar 6 hingga senar 1 dilanjutkan dengan Descending setapak dan Going Up dari senar 1 hingga senar 6 dan di lanjutkan terus secara berulang hingga ke fret pertama.

  6. Exercising 4-3-2-1
  7. Exercising 4-3-1 – 4-2-1
  8. Exercising 4-2-3-1

Lakukan latihan-latihan ini sebelum anda mulai permainan gitar anda, dan lagukan juga di saat-saat senggang pada saat anda bermain gitar. Semakin sering anda ber-Finger Aerobics-ria, maka jari-jari tangan kiri anda akan semakin lentur ketika menari di fretboard. Serta picking anda-pun akan semakin mantab dan teratur.

Semoga membantu

ratdix