Tags

, ,

fbHt : “Yan FB-lo apaan, kok gw find nggak nemu yah….?”

Gw : “Apaan lagi tuh FB….? Fly Boy….?

Ht : “Wah… Gak gaul nih orang, FB=FaceBook lo gabung ajah banyak kok temen-temen yang sudah join…”

Gw :  “Halah situs jejaring sosial yah, Friends**r gw ajah jarang gw tengok, ngabis ngabisin waktu saja….?”

Begitulah kira-kira potongan chat gw dengan seorang teman berinisial HT yang hasil akhirnya gw register juga di FB, setelah login dan coba klak-klik sana-sini… Lah-dhallah kok beda yah… ini situs jejaring sosial tapi kok rasanya mbetahin dan berbeda yah, pantesan banyak sudah temen-temen yang join bahkan ketika searching pake nama kantor langsung deh deretan nama-nama dan photo dari teman-teman sekantor keliatan weleh-weleh…

Ramai sekali orang bicarakan Facebook ini karena Facebook jauh lebih banyak interaksi pengguna dan aplikasi web itu sendiri, jadi sudah jauh lebih berkembang daripada Friends**r yang menurut kebanyakan penggunanya seperti kuburan dan aplikasi mati yang kekurangan interaksi antar pengguna dan aplikasinya, ada yang komplain bahkan dia tuh gak tau kabar temen-temennya yang udah segambreng banyak gitu lagi gimana, sementara kalau di facebook, kebalikan daripada itu, kombilansi antara jejaring sosial, blogging, instan messaging, dll sehingga terasa lebih hidup.  Saking aktifnya interaksi itu bahkan dengan adanya kustomisasi aplikasi yang bisa dibikin sendiri pakai program favorit masing-masing, sampai-sampai jadi bloated banget.

alexa Cukup bisa diakui bahwa memang facebook memiliki sesuatu yang berbeda dengan friends**r maupun situs jejaring sosial yang lain. Tidak heran jika anda melihat grafik dari statistik pengguna facebook di samping, cukup membuat saya tercengang, karena layanan yang diberikan oleh facebook memang lebih terasa aroma Web 2.0 nya ketimbang layanan lain yang serupa. Layanan yang mengandalkan kekuatan kepada penggunanya untuk melakukan apa pun terhadap facebook miliknya.

Jika di Friends**r kamu kenal Shout Out, maka di facebook ada yang namanya What Are You Doing Now stat. Nah yang paling keren dari What Are You Doing Now stat adalah bahwa Dia bisa diberikan komentar. Contohnya, misalnya kita setting, “User X sedang Belajar buat Ujian Besok Pagi”. Maka kita bisa kasih comment ke status tersebut, misalnya “Ayo Semangat Belajarnya” atau “Telat lo, Percuma belajar sekarang”.

Facebook juga memiliki pengaman spam untuk BOT yang bagus. Setiap Comment, Post atau hal-hal yang mungkin bisa menjadi spam, di wajibkan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan memasukan teks yang tampil di gambar.

Facebook juga memiliki banyak aplikasi 3rd Party, salah satunya adalah Mafia Wars.

Facebook juga punya fasilitas network yang banyak sekali manfaatnya. Misalnya saja, kamu mau bikin group, tapi syaratnya, yang boleh masuk hanya orang yang ada di network indonesia. Hal tersebut bisa dilakukan. Oh iya, Group Diskusi di Facebook Juga lebih keren dari Friends**r, dan ada pengaman dari BOT-nya sehingga tidak ada Topik ciptaan BOT yang isinya hanya iklan.

Facebook juga punya People You May Know Tools, yaitu suatu cara untuk membantu kita menemukan teman yang mungkin kita kenal. Logika dari tools itu sendiri gw belum tau, tapi tampaknya lumayan efektif.

Terus menurut gw, yang paling keren dari facebook adalah fasitilas Chat-nya. Chat disini bukan Chat Room yang di buat oleh aplikasi 3rd Party, tetapi memang ada dari Facebooknya sendiri. Kita bisa melihat temen-temen kita yang on line, terus dengan adanya teknologi ajax, kita bisa langsung mengklik temen kita yang on line dan melakukan chat di Browser layaknya kita sedang chat dengan menggunakan Yahoo Messenger (YM) atau Instant Messenger Lainnya.

So… Bukannya mau promosi tapi setelah lihat fakta-fakta di atas dan bila anda tidak ada masalah dengan bandwith internet RUGI… RUGI BANGET kalau nggak coba deh….

Ssssssttttt tau nggak…..? ternyata melalui pertolongan Facebook ini gw bisa ketemuan lagi ama mantan-mantan pacar gw yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ha..ha..ha.. (Just Kidding :D)