Tags

, , ,

sso2

Salam Linuxer….

Teknologi Single-sign-on (sering disingkat menjadi SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen (di saat sistem operasi serta aplikasi yang digunakan oleh komputer adalah berasal dari banyak vendor, dan pengguna dimintai untuk mengisi informasi dirinya ke dalam setiap platform yang berbeda tersebut yang hendak diakses oleh pengguna).

Dengan menggunakan SSO, Bila ada user yang memiliki Hak dan ingin menggunakan 2 atau lebih sumber daya yang berbeda di suatu jaringan yang membutuhkan otentikasi maka Administrator Jaringan tidak perlu membuat data user yang sama di beberapa server penyedia sumber daya tersebut. Administrator cukup sekali saja menginputkan data User tersebut kesebuah “database” sebagai backend-nya dan setiap sumberdaya/server dalam jaringan terkoneksi langsung dengan database backend ini sehingga seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang tersedia di dalam jaringan. Beberapa type Aplikasi yang sering di jadikan Backend database pada jariangan biasanya Karbeos, Actice Directory, LDAP, NIS, bahkan M$SQL/MySql.

Dari cara pandang seperti ini, beberapa pengamat memperkirakan bahwa penggunaan SSO dapat menghemat biaya untuk memelihara password. Oleh sebab itu Implementasi SSO bak pisau yang bermata 2 karena selain mendatangkan manfaat, SSO juga dapat mendatangkan bencana. Sehingga pentingnya kesadaran Si user sebagai pengguna untuk merahasiakan data akunnya seperti ia merahasiakan sandi untuk Kartu ATM bank-nya😛

Implementasi SSO dalam sebuah jaringan yang heterogen adalah rumit, sehingga banyak administrator jaringan kurang begitu giat dalam mengimplementasikannya. Saya sendiri juga sudah mengimplementasikan SSO pada beberapa jeringan Komputer di beberapa perusahaan tempat saya pernah bekerja. Secara sadar saya melihat masih ada beberapa sisi yang harus di tingkatkan lagi dalam pengembangan SSO di jaringan tempat saya bekerja sekarang dan pengembangan tersebut agak terhambat yang salah satu kendalanya adalah terbatasnya sumber daya manusia (SDM). Mungkin pengalaman saya dalam mengimplementasikan SSO bukanlah suatu hal yang rumit bagi rekan-rekan lain yang lebih berpengalaman dalam membangun dan menangani SSO, tetapi Implementasi yang pernah saya lakukan sudah lebih dari cukup untuk di jalankan di perusahaan-perusahaan tempat saya bekerja, karena semakin banyak sumber daya yang di sediakan oleh suatu jaringan komputer, semakin komplex dan heterogennya suatu jaringan maka Implementasi SSO juga akan semakin rumit.

Ketika dulu sedang giat-giatnya belajar dan mengimplementasikan SSO menggunakan LDAP saya sempat membuat beberapa Artikel mengenai hal tersebut dan dibuat secara bertahap agar mudah di pelajari dan di mengerti. Mungkin artikel-artikel tersebut saat ini sudah tidak relefan lagi untuk di praktekkan, tetapi tidak sedikit email yang masuk ke Inbox saya yang kurang lebih isinya pertanyaan tentang SSO maupun LDAP dan tidak sedikit pula pertanyaan itu muncul dari para praktisi yang juga mengembangkan SSO dgn LDAP Ataupun datang dari mahasiswa yang sedang mengerjakan Scripsi/Penulisan Akhir. Berikut adalah beberapa artikel yang pernah saya tulis dan softcopy dari penulisan Scripsi beberapa mahasiswa yang pernah berkonsultasi dan mengirimkan Softcopynya, mohon maaf seharusnya masih ada sekitar 2 softcopy scripsi lagi yang bisa anda download tetapi file-filenya masih belum di temukan di data backup saya. Selanjutnya setiap softcopy tentang LDAP maupun SSO yang saya terima akan saya share di artikel blog ini agar dapat anda download dan pelajari.

Judul Artikel (Silahkan Download) :

Artikel yang pernah saya Tulis
Pengenalan-LDAP
Implementasi-TLS-pada-LDAP
Implementasi-SAMBA-PDC-menggunakan-backend-LDAP
SQUID-PROXY-menggunakan-authentikasi-LDAP

Softcopy Skripsi :
INTEGRASI APLIKASI MENGGUNAKAN SSO BERBASISKAN LDAP DALAM PORTAL binus@ccess
oleh : Rudy, Riechie & Odi Gunadi

Artikel yang berhubungan dgn Implementasi SSO

Integrasi User Account dengan LDAP
Oleh : Junus Djunawidjaja (Infolinux 09/2005)

Integrasi SQL Server 2000 dan Active Directory Service (ADS)
Oleh : Bondhan Rio

Harapan saya akan banyak tunas-tunas baru yang terbantu dengan artikel-artikel tersebut sebagai pembelajaran awal dalam pemahaman LDAP maupun SSO dan nantinya akan menjadi pakar dan para ahli dalam pengimplementasian SSO. Saya berharap sudi kira-nya rekan-rekan yang lebih berpengalaman untuk menshare juga pengetahuan & pengalamannya dalam pengimplementasian SSO ini, kalau perlu kita bisa buka suatu milis yang akan membahas SSO ini secara Khusus… Adakah yang ingin berkontribusi…..?????

Semoga Membantu